5 rempah yang wajib ada di dapur selama musim hujan

5 rempah yang wajib ada di dapur selama musim hujanDatangnya musim hujan membuat Anda menjadi mudah sakit. Flu, demam, masuk angin hingga gangguan pencernaan biasanya mudah merebak di awal musim hujan. agar tubuh tetap bugar, Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi asupan makanan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi.

Anda juga bisa makan buah stroberi, melon, jambu biji, paprika merah, kiwi, dan jeruk bali untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain mengonsumsi buah-buahan, Anda juga bisa membuat minuman hangat dari bahan rempah yang alami untuk menghangatkan badan. Madu dan lemon tentu sudah sering Anda dengar memiliki manfaat positif bagi kesehatan.

5 rempah yang wajib ada di dapur selama musim hujan

5 rempah yang wajib ada di dapur selama musim hujan
5 rempah yang wajib ada di dapur selama musim hujan


Namun, masih banyak rempah-rempah dari dapur Anda sendiri yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh terutama selama musim penghujan seperti sekarang ini

1. Kapulaga


Kapulaga merupakan rempah yang sering dipakai untuk melezatkan makanan. Selain itu, kapulaga juga memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kapulaga diketahui memiliki kandungan zat besi sebesar 68 persen yang mampu melawan bakteri dan patogen lainnya. Kapulaga juga baik dikonsumsi untuk membantu proses pemulihan tubuh setelah sakit.

Untuk merasakan manfaat kapulaga, masukkan dua atau tiga rempah ini dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu. Minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tenggorokan dan memperlancar pernapasan. Aroma dari kapulaga juga akan membuat tubuh menjadi rileks.

2. Kunyit


Kunyit adalah sejenis rempah yang banyak digunakan dalam kari dan masakan lain di Asia Selatan. Menambahkan kunyit ke dalam masakan atau mencampurkan sedikit potongan kunyit ke air putih hangat bisa membantu mengurangi sakit tenggorokan.

Kunyit merupakan antibiotik alami. Huffington Post memaparkan 6 manfaat kunyit bagi kesehatan. Salah satunya mengatasi masalah gangguan pencernaan.

3. Kayu manis


Kayu manis sudah sejak ribuan tahun lalu dipakai sebagai rempah untuk berbagai penyembuhan. Kayu manis diyakini dapat merangsang sirkulasi darah sehingga badan kita terasa lebih hangat. Selain itu kayu manis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di musim hujan.

Rempah yang memiliki aroma khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin. Satu sendok bubuk kayu manis dan satu sendok madu yang dicampur dengan air hangat dapat menyegarkan kondisi tubuh, sekaligus mengurangi rasa dingin. Anda bisa membuat resep minuman hangat dengan kayu manis di sini.

4. Cengkih


cengkih dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan dan mengatur suhu tubuh. Tambahkan dua atau tiga cengkih ke dalam sup, teh, atau kari untuk mengobati batuk. Selain itu, Anda bisa langsung mengunyah cengkih untuk mengatasi radang tenggorokan.

5. Jahe


Kandungan zat antiperadangan pada jahe dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan. Jahe juga bisa membantu Anda mencegah flu.

Anda bisa membuat air hangat yang dicampur dengan jahe. Tambahkan madu atau lemon untuk membuat air jahe terasa lebih hangat dan enak.

Related Posts: