Lima Asupan Pengusir Perut Kembung

Lima Asupan Pengusir Perut Kembung - Perut kembung merupakan indikasi iritasi usus pada suatu rangsangan. Akibatnya sistem pencernaan terganggu.Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas. Akan lebih baik jika kita cari tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Intisari menulis, perut kembung bisa terjadi karena beberapa hal. Terlalu banyak menelan udara; terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda; dan terlalu lama mengunyah permen karet.Selain itu, kekurangan enzim laktosa yang berfungsi menyerap gula juga dapat menyebabkan perut kembung. Hanya saja, ini akan berujung pada diare.

Banyak yang tidak tahu, namun ternyata stres juga dapat memicu perut kembung. 

Lima Asupan Pengusir Perut Kembung

Lima Asupan Pengusir Perut Kembung
Lima Asupan Pengusir Perut Kembung


Agar perut tak kembung, Anda dapat mengusirnya dengan cara alami. Konsumsi beberapa makanan dan minuman berikut, 

  • Ramuan mujarab di pagi hari


Sesaat setelah bangun tidur, minum campuran 1 sendok teh cuka apel, perasan lemon, dan satu gelas kecil air dengan suhu ruangan.

Cuka apel di pagi hari berperan sebagai probiotik yang kaya enzim. Ini membantu pencernaan dan rehidrasi. Keduanya penting saat bangun tidur. Lemon juga mengandung alkalin tinggi. Baik untuk mengoreksi kadar pH dalam tubuh.

  • Minum teh adas


Biji adas mengandung minyak yang mampu mengusir inflamasi, membunuh bakteri dan mikroba. Adas memperlancar proses pencernaah dan menyingkirkan gas di perut yang bikin kembung.

Tak hanya itu, adas juga meningkatkan imun tubuh. melindungi sel dari kerusakan.

adas juga baik untuk mencegah perubahan suasana hati. Cara membuatnya, hancurkan biji adas, tambahkan air, didihkan sekitar 7 menit lalu saring dan minum.

  • Asparagus


Asparagus adalah salah satu makanan diuretik --meningkatkan laju urinasi--. Dengan demikian dapat membantu proses pengeluaran sisa kotoran tubuh.

Pelaku agribisnis Achmad Saleh menulis di Kompasiana, memberi saran cara memilih asparagus segar yang bermutu. Batangnya lurus, bila dipencet dengan kuku empuk, kelopak tunas di ujung rapat dan tidak layu, warnanya merata.

  • Jahe


Ini salah satu rempah yang wajib ada di rumah. Karena jahe memiliki berbagai kegunaan. Pun baik untuk kesehatan.

Parut di dalam salad, jadikan bumbu dalam tumisan, atau potong, geprek, dan seduh untuk minuman.

Jahe meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu tubuh mengusir kembung. Nova melansir, jahe juga ideal menghilangkan perut kram, refleks muntah, dan masalah pencernaan lain.

  • Air mentimun


Seperti halnya asparagus, air mentimun juga diuretik alami. Membantu memperlancar pencernaan.

Membuatnya tak sulit. Tinggal iris mentimun, campur dengan air. Simpan dalam kulkas karena dingin lebih nikmat menyegarkan.

Related Posts: