Manfaat Tersembunyi Coklat Buat Kehamilan

Manfaat Tersembunyi Coklat Buat Kehamilan - Apakah kamu salah satu penggemar cokelat? Makanan yang khas dengan hari valentine ini memang cukup populer di banyak kalangan. Bahkan, tak jarang ibu hamil dilanda keinginan yang sangat besar untuk mengonsumsi makanan lezat yang satu ini.

Khusus buat ibu hamil, kabar baik buat kamu yang sangat, menyukai cokelat. Menurut sebuah penelitian yang hasilnya di presentasikan melalui acara tahunan the Society for Maternal-Fetal Medicines, yang diadakan di Atlanta menunjukkan manfaat cokelat bagi kehamilan.

Manfaat Tersembunyi Coklat Buat Kehamilan

Manfaat Tersembunyi Coklat Buat Kehamilan
Manfaat Tersembunyi Coklat Buat Kehamilan


Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu mengefektifkan plasenta dengan baik dan sirkulasi janin. Ini adalah salah satu faktor yang menurunkan risiko preeklampsia. Preeklampsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urin.

hasil penelitian tersebut didapatkan dengan melibatkan 129 wanita yang berada pada minggu ke-11 dan ke-14 kehamilan. Para wanita tersebut diminta untuk mengonsumsi cokelat setiap hari selama 12 minggu.

Semua wanita hamil tersebut diberikan cokelat sejumlah 30gr setiap har. tetapi, beberapa wanita diberikan cokelat dengan kadar flavanol yang tinggi sedangkan yang lainnya hanya diberikan cokelat dengan kadar flavanol yang rendah. Para wanita tersebut juga mengalami preeklampsia, hipertensi gestasional, berat plasenta, dan evaluasi berat lahir.

Menurut para peneliti dari University of California, San Francisco,flavanol adalah senyawa alami yang bertanggungjawab sebagai efek antioksidan dari buah,teh, dan anggur. Senyawa ini bekerja dengan meningkatkan sirkulasi sel angiogenik yang penting bagi perbaikan jaringan pembuluh darah.

Berdasarkan temuan yang didapat, para peneliti berkesimpulan bahwa cokelat dapat memberikan manfaat bagi plasenta serta pertumbuhan dan perkembangan janin. Hanya saja masih belum jelas alasan mengapa cokelat memberikan efek positif bagi wanita hamil.

Para peneliti menduga bahwa ada faktor lain selain flavanol yang juga berperan dalam hal tersebut. Mengingat preeklampsia sangat berpengaruh pada tekanan darah ibu hamil, maka efek sirkulasi cokelat dapat membantu mengurangi risiko pada wanita hamil yang terkadang bahkan mampu mengancam jiwa.

Related Posts: